Syiah antara Iran dan Indonesia

Budaya Syiah Indonesia Masyarakat Nusantara saat itu bersifat tradisional-mistik. Corak kehidupan masyarakat tersebut ditandai dengan hidupn...

Budaya Syiah Indonesia


Masyarakat Nusantara saat itu bersifat tradisional-mistik. Corak kehidupan masyarakat tersebut ditandai dengan hidupnya sejumlah sistem kepercayaan leluhur di setiap kelompok sosial berbasis adat yang berpengaruh terhadap tata kehidupan termasuk pola perubahan cara berpikir, berinteraksi, hingga memberi respon terhadap pemikiran yang baru. Artinya, penerimaan dan penolakan terhadap pemikiran atau konsep baru menggunakan alat ukur yang lebih bersifat mistikal dan kultural. Itulah sebabnya Islam yang masuk ke Nusantara saat itu adalah Islam yang membawa corak mistik dengan pola-pola penyebaran yang bersifat kultural.


Pada fase ini, resistensi penduduk asli hampir tidak ada ataupun jika ada, dapat diselesaikan dalam waktu singkat dengan mekanisme kultural dan pendekatan-pendekatan mistik. Justru dengan ini, maka perkembangan sosial di Nusantara memperlihatkan sebuah perpaduan budaya dan akulturasi yang membentuk sebuah entitas masyarakat baru yang beragam atau majemuk. Kemajemukan tersebut menyatu dalam suatu pola hidup yang sebenarnya memberikan kemandirian terhadap agama masing-masing komunitas untuk menjiwai perkembangan sosialnya tanpa harus merasa terganggu dengan keyakinan komunitas lain. Ini ditunjukkan bahwa selama ratusan tahun masyarakat Indonesia tidak pernah terlibat konflik hanya karena pemeluk agama yang satu merasa lebih dahulu hidup di Nusantara ataupun merasa lebih unggul dalam konsep teologis, dan lain sebagainya.


Islam yang diterima di Nusantara pada fase ini adalah Islam yang tidak datang merombak orisinalitas budaya bangsa setempat melainkan memberikan penguatan dan argumentasi baru atas konsep-konsep kebertuhanan serta tata kehidupan berdasarkan konsep tersebut. Pada fase inilah khazanah Syiah lebih mudah diterima. Seperti diketahui bahwa dalam tradisi Syiah, konsep mistisisme atau spriritualisme dan pendekatan damai serta ajaran akhlaqul karimah merupakan inti ajarannya. Strategis kultural Syiah terlihat tidak mengedepankan aspek teologi dan fikih sehingga berhasil menghindari konflik dengan agama pribumi. Itu terjadi karena corak spiritual, mistik, dan kultural tersebut memiliki kesamaan dengan agama pribumi.


Selain itu, ada perspektif lain yang menyebutkan bahwa penyebar Islam ini adalah para pedagang. Menyiarkan Islam bukan maksud utama atau satu-satunya untuk datang ke Nusantara. Islam disebarkan sebagai efek dari pembauran dalam waktu yang cukup lama. Proses penyebaran Islam oleh para pendakwah temporer ini meninggalkan corak Islam yang akulturatif.


Penerimaan terhadap Islam yang bercorak spiritual, mistik, dan kultural tadi juga memperlihatkan pembauran konsep antar mazhab Islam. Mungkin akibat trauma sejarah yakni konflik penguasa dengan pemeluk Syiah di Timur Tengah menyebabkan pendakwah berkeyakinan Syiah lebih memilih Sunni Syafi’i dalam ajaran fikihnya. Inilah yang di kemudian hari membentuk komunitas Nahdlatul Ulama dengan teologi Sunni yang khas Indonesia. NU memiliki corak kesunnian beserta tradisi-tradisi kejamaahannya yang berbeda dengan Sunni di Timur Tengah atau di belahan dunia Islam lainnya. Jejak Syiah dalam tradisi NU tak dapat dibantah. Hal mana diakui Gus Dur dengan pernyataannya yang sangat terkenal, “NU adalah Syiah minus imamah, dan Syiah adalah NU plus imamah.”


Perkembangan berikutnya adalah masuknya gerakan pembaharuan pemikiran Islam yang mencoba menggabungkan berbagai corak ajaran Islam. Gerakan yang mirip dengan gagasan Pan Islamisme Jamaluddin Al-Afghani yang digabung dengan Muhammad Abduh. Gerakan ini terpaksa mengangkat tema-tema teologi dan fikih sebagai suatu konsekuensi pembaharuan Islam dalam menghadapi gelombang modernism. Gerakan ini kemudian menimbulkan benturan akibat munculnya klaim kebenaran antar mazhab. Pada saat itulah gerakan Wahhabisme mempertegas benturan antar mazhab dengan slogan anti takhayul, bid’ah, dan khurafat. Gerakan Wahhabisme berkembang sedemikian rupa dengan karakteristik takfiri dalam berbagai variannya hingga kini melalui kelompok-kelompok masyarakat baik yang berbentuk ormas maupun komunitas lain.


Syiah dalam situasi masyarakat seperti ini hanya berupa “artefak” kultural yang dapat dijumpai pada tradisi dan upacara tahunan semacam asyura, maulid, dan ritual lain seperti ziarah kubur, tradisi tabarruk kepada ulama dan tempat keramat para ulama dan habaib, ritual munajat, ratib dan zikir dan sebagainya. Syiah sebagai sebuah mazhab pemikiran yang sarat dengan gagasan pembaharuan dan perubahan sosial tidak lagi dijumpai dalam waktu yang cukup lama, hingga meletusnya Revolusi Islam Iran.


Sebagai mazhab Islam arus utama bersama Ahlussunnah, Syiah memiliki sejarah yang merentang jauh hingga ke masa fajar Islam menyingsing di jazirah Arab pada abad ke-6 Masehi. Selama itu pula, para pengikut mazhab ini diakui telah memberikan banyak kontribusi signifikan bagi perdaban Islam pada umumnya, baik dalam bidang pemikiran (filsafat, teologi, moral, irfan, dan hukum) hingga di ranah praktik sosial, budaya, ekonomi, dan politik.


Beberapa di antaranya bahkan tercatat sebagai figur prestisius tak tertandingi yang mewarisi pengaruh sangat luas dan menentukan sampai hari ini. Sebut saja di antaranya “bapak kedokteran” Ibnu Sina, pendiri teosofi keislaman Nashiruddin Thusi, “mahkota filsafat Islam” Mulla Shadra, dan “bapak revolusi Islam di abad modern” Imam Khomeini.


Seluruh dinamika dan prestasi mengagumkan itu mencapai puncaknya berkat revolusi Islam di Iran pada Februari 1979–yang secara fantastis dan sukses menumbangkan kekaisaran Persia berusia 2500 tahun dan didukung seluruh kekuatan “adidaya” Barat. Sejak saat itu, Syiah sebagai mazhab keislaman sekaligus kekuatan sosial politik mulai diperhitungkan di kancah internasional serta menjadi sorotan publik.


Salah satu implikasi yang tak dapat diabaikan dari revolusi itu adalah meningkatnya jumlah pengikut mazhab Syiah sebanyak dua kali lipat dari jumlah sebelumnya. Sampai hari ini, kuantitas pengikut mazhab ini ditaksir mencapai sekitar 400 juta jiwa atau 25 persen dari total populasi Muslim yang tersebar di pelbagai belahan bumi, termasuk di Indonesia.


Berdasarkan data mutakhir, di antara negara-negara Muslim di dunia, Indonesia dihuni sekitar 200 juta Muslim atau 80 persen dari total penduduknya (yang menurut data statistik 2013 mencapai 250-an juta jiwa). Kondisi ini menjadikan negara yang terletak di lintasan katulistiwa itu sebagai negara dengan mayoritas Muslim terbesar di dunia.


Fakta dan istilah “mayoritas Muslim” di Indonesia nyaris identik dengan “mayoritas mazhab Ahlussunnah”. Artinya, mazhab keislaman ortodoks dan dominan di sini adalah Ahlussunnah. Akibatnya, dalam konteks kemazhaban, Syiah bukan hanya dipandang sebagai minoritas, namun juga diperlakukan sebagai “anak kemarin sore” di kancah keislaman tanah air.


Padahal, menurut beberapa literatur klasik kesejarahan lokal, aliran keislaman yang pertama kali masuk atau membawa masuk Islam ke Nusantara (jauh belum terbentuknya negara modern bernama Indonesia) justru adalah Syiah. Sejarahwan A. Hasjmy, misalnya, menuliskan dalam bukunya, Syiah dan Ahlussunnah Saling Berebut Pengaruh di Nusantara (Bina Imu, Surabaya, 1984), “Pada tahun 800, sebuah kapal dagang berlabuh di Bandar Perlak (wilayah DI Aceh sekarang). ‘Armada dakwah’ itu berisikan saudagar-saudagar Muslim Arab Quraisy, Persia, dan India, yang dipimpin oleh nahkoda Khalifah. Mereka membarter kain, minyak atar, dan perhiasan dengan rempah-rempah.” (Lih. Majalah Historia, no. 6, tahun I, 2012).


Seluruh rombongan misi Islam itu, lanjut A. Hasjmy, adalah orang-orang Syiah. Karenanya ia berkesimpulan bahwa mazhab keislaman yang pertama kali tersebar di Nusantara adalah Syiah, dengan Kerajaan Perlak sebagai tonggak pertamanya.


Sejarahwan lain, Dr. Slamet Muljana, menuliskan dalam bukunya, Runtuhnya Kerajaan Hindu-Jawa dan Timbulnya Negara Islam di Nusantara (LKIS, Yogyakarta, 2005, hal. 155), “… aliran agama Islam yang sampai di Asia Tenggara paling dahulu ialah aliran Syi’ah. Aliran Syiah dibawa oleh para pedagang Gujarat (wilayah India sekarang), Persi, dan Arab pada permulaan abad ke-12 ke pantai timur Sumatra, terutama ke negara Perlak dan negara Pasai, dan mendapat dukungan dinasti Fathimiah di Mesir.”


Pernyataan ini diperkuat oleh sejarahwan negeri jiran, S. Q. Fatimi (yang juga dikonfirmasi sejarahwan Malaysia lainnya, Wan Hussein Azmi) tentang kedatangan Islam di Asia Tenggara. Dalam bukunya, Islam Comes to Malaysia (Singapore, Malaysian Sociological Research Institute, 1963), ia menceritakan adanya sebuah monumen yang ditemukan di Champa, Vietnam, yang terdiri dari batu nisan yang dibuat tahun 1039 serta sebuah tiang batu dengan aksara Arab bertarikh 1025-1035 Masehi.


Menurut Fatimi, M.P. Ravaisse yang menyelidiki tulisan tersebut mengatakan bahwa tampaknya isi dokumen ini menunjukkan bahwa di tempatnya ditemukan, sejak abad XI terdapat sebuah masyarakat kota. Mereka lain dari penduduk asli. Paham keagamaan dan adat istiadatnya juga berbeda. Kakek moyang mereka mestinya tiba satu abad sebelumnya. Kemudia, Fatimi menegaskan bahwa mereka adalah orang Arab Syiah.


Adapun sejarahwan terkenal, Prof. Dr. Aboebakar Atjeh dalam bukunya, Syi’ah di Nusantara(Islamic Research Institute, Jakarta, 1977), menulis, “Sekali-sekali bukanlah golongan salaf yang mula pertama masuk ke Indonesia menyiarkan agama Islam, boleh jadi juga golongan salaf, tetapi salaf Syiah, yang kebanyakannya dikejar-kejar oleh Bani Abbas di Timur atau Bani Umayah di Barat, lalu mereka lari ke Asia dan menyebarkan agama Islam disini.”


Lebih jauh, Prof. Aboebakar menyebutkan, “Keterangan yang lebih tua mengenai kedatangan mubaligh dari Persia dan India ke Nusantara, dapat kita baca dalam penyelidikan, yang dilakukan oleh dua ahli sejarah, yaitu Sayyid Moestafa At-Thabathaba’i dan Sayyid Dhiya’ Shahab yang terjadi sekitar bulan November 1960, berjudul ‘Hubungan Kebudajaan Indonesia-Iran’ (Haulal ‘Alaqatith Thaqafiyah Baina Iran wa Indonesia), yang diterbitkan dalam tahun 1339 oleh The Iranian Cultural Office Jalan Budi Kemuliaan 4 A Jakarta, Indonesia.”


“Diantara lain ia berkata, ‘Dekat Surabaya terdapat sebuah kota Gresik namanya, sebuah kota yang bersejarah di Jawa Timur. Di kota itu kami lihat bekasbekas yang sudah tidak terurus dan kuburan lama dari penyebar penyebar Islam dan Alim Ulama, diantaranya kuburan Maulana Malik Ibrahim, yang wafat dalam th. 822 H atau 1419 M. Beliau adalah boleh jadi seorang Iran asal dari Kashan.’”


Demikianlah beberapa kesaksian sejarahwan yang, meski dipertanyakan kesahihan dan sumber-sumbernya oleh sejumlah sejarahwan kontemporer seperti Prof. Dr. Azyumardi Azra (lih. Kata pengantar, Syiah dan Politik di Indonesia (Zainuddin, A. Rahman, dkk., PPW-LIPI & Mizan, Jakarta, 2000), membuka ruang bagi dilakukannya penelitian lebih luas, mendalam, dan komprehensif ihwal kehadiran Islam Syiah di Nusantara.


Selain kesaksian literer di atas, keberadaan Syiah dalam bentangan sejarah di Nusantara juga diindikasikan oleh sejumlah artefak budaya dan tradisi keislaman yang masih dipraktikkan sampai hari ini. Di antara artefak bersejarah yang mengindikasikan kehadiran orang Syiah di Nusantara pada abad 10 Masehi adalah sebuah makam di Gresik, Jawa Timur, atas nama Fathimah binti Maimun (nama “Fathimah” pada masa itu temasuk nama yang tabu dan terlarang untuk digunakan karena kebencian penguasa Arab terhadap segala hal yang berbau keturunan Nabi saw).


Adapun berkenaan dengan tradisi bercorak Syiah adalah, seimisal,, tradisi arak-arakan yang disebut “Hayok Tabui” di Pariaman, Sumatera Barat, pada setiap bulan Muharram, sebagai peringatan atas kesyahidan cucu Nabi saw, Imam Husain as di Karbala pada hari Asyura 61 H. Dengan begitu, tradisi ini khas bercorak Syiah. Tradisi yang hampir mirip juga terdapat di Ternate.


Di Jawa (Tengah dan Timur), terdapat tradisi “Grebeg Suro” yang kental dipengaruhi Syiah dan masih dipraktikkan sampai hari ini. Menurut tradisi ini, bulan Muharram dianggap sebagai bulan nahas dengan dasar bahwa di bulan ini, cucu Nabi saw yang bernama “Kasan” (Hasan) dan “Kusen” (Husain) dibunuh kaum yang zalim. Karena itu, orang-orang Jawa berpantang mengadakan perayaan pernikahan atau membangu rumah di bulan “Suro” atau Muharram.


Di Jawa Barat, dikenal pula tradisi yang dipraktikkan pada bulan Muharram, yaitu membuat dan mengonsumsi bubur “beureum-bodas” (merah-putih) yang diistilahkan dengan “bubur suro”. Konon, “beureum” merupakan perambang “darah kesyahidan Imam Husain” dan “bodas” menjadi simbol “kesucian” pribadi Imam Husain.


Rangkaian pengaruh tradisional Syiah juga merambah wilayah keagamaan di Nusantara, seperti Marhaba, Shalawat Diba’, tahlilan, haul, dan kenduri (yang secara istilah sekalipun berasal dari bahasa Parsi, “kanduri”, atau tradisi perjamuan untuk memperingati kelahiran putri baginda Rasul saw, Sayyidah Fathimah al-Zahra).


Kendati dengan semua komen, monumen, dan dokumen historis awal yang menunjukkan bahwa mazhab Syiah sudah eksis di Nusantara, komunitas Syiah di Indonesia baru berkembang pesat dan memiliki pengaruh pada tahap tertentu di tengah kehidupan masyarakat pasca revolusi Islam di Iran pada 1979. Diawali dengan kepergian sejumlah individu berusia muda untuk belajar di pusat pendidikan keislaman (hauzah) mazhab Syiah, Qum di Iran dan Najaf di Irak pada awal 1980-an (beberapa di antaranya bahkan sudah berada di sana sejak sebelum revolusi).

loading...
Name

#ahlulbait #shalawat #doa #AlQuds #buku putih mazhab syiah #DR Ahmad Thayyib #Dzikir #ebooks #Fatimah #FikihSyiah #ImamAli #ImamHasanAlMujtaba #ImamKhomeini #isis #kitabsyiah #syiahmenjawab #alkafi #Mufti Ahlusunnah Mesir #Mufti Al-Azhar #Persatuan Umat Islam #Syiah Bagian dari ISLAM #syiahmenjawab #tabayyun #alibinabithalib #Umur #Walipitu #Walisongo #Wawancara Eksklusif 10 kegagalan memahami syiah 17 Agustus 2017 4 Pesan Nabi SAW kepada 'Ali as ABI ABI berkunjung Kemenko Polhukam abu bakar abu dzar abu dzar al-ghifary abu jaham Abu Turab Adab Berkomunikasi Dalam Quran agama Agama amp; Dunia Agama dan AKhlak Agama dan Dunia Agama dan Krisis Kemanusiaan Modern Agama Memperkuat Diri Hadapi Kesulitan Agama Sadis agama untuk manusia Agresi Saudi agustinus ahkamul quran Ahli Ibadah Yang Riya' ahlul bait ahlul bayt ahlul bayt as ahlulbait Ahlulbait as adalah Ahlu adz Dzikr Ahlulbait as Bagaikan Pintu Pengampunan Ahlulbait Nabi as adalah Tali Allah Ahlussunnah ahlusunah Ahmad Taufik Jufry air Air Mata Kerinduan Uwais Al Qarani Kepada Rasul SAW Ajaran Ajaran Nabi Muhammad Saw Untuk Kehidupan ajwibah akal fitrah AKAR FITNAH akhlak Akhlak Imam Sajjad Pasca Karbala Akhlak Mulia Akibat Lalai Shalat Akidah Akidah Syiah Aktivis Al Mahdi al quran Al Quran al quran syiah Al-Fatihah al-ghaib Al-Ghazali Al-Kalbi Al-Qur'anul Karim Al-Quran Alam Ali Ali Akbar Ali ibn Abi Thalib ali khamenei ali shariati ali syariati aliran sesat Amalan Malam Nisfu Sya’ban amaliyah Amr bin Yasir an-Najasy an-Najazyi Anda Bertanya Anda bertanya SYiah menjawab Annemarie Schimmel Anti Stres anti terorisme Antologi Islam Apa Apa Definisi Roti? Apa yang Kita Pikirkan Api Takfiriah Yang Menjilat Diri Sendiri Arab Saudi Arbain Husaini Argumentasi Rasional Syiah Tentang Imamah Aristoteles asal-usul syi'ah Asas Politik Kanjeng Nabi Muhammad SAW Asuransikan dirimu dengan doa ini Asyura asyuro At-Taqrib Audio awjibah Ayat-ayat Keagungan Nabi Ayatollah Bahjat qs Ayatullah Nuri Hamadani Ayatullah Shafi Ghulpaghani Ayatulloh Az-Zahra bab Bagaimanakah Bahagia? bahagia Bahasa Agama BANGGALAH MENJADI BANGSA INDONESIA Bangsa Iran Bangsa Persia Bantahan Keras Bahwa Syiah Pengikut Ibn Saba' Bedah Buku Putih Mazhab Syiah Berbahagia karena berbagi jalanNya berbuat baik Berdzikir dalam Perspektif Imam Khomeini Berita Berkah Sang belahan jiwa Nabi SAW amp; Doa Ziarah padanya Bersama Tuhan Di Bulan Suci bersuci bertindak Berwisata dengan Kemuliaan Fatimah Azzahra Betulkah Syi'ah Mengkafirkan Sunni? bijak Biografi Biografi Allamah Thabathaba'i Biografi Imam Ali Biografi Ulama Syiah Bisik-bisik Obama Tentang Islam di Indonesia Budaya Budaya & Gaya Hidup Budaya amp; Gaya Hidup Buku Putih Mazhab Syiah: Fakta Eksistensi Syiah Bulan bung karno Bung Karno pun Napak Tilas ke Imam Husain di Karbala Bung Karno pun Ziarah Imam Husain di Karbala Buya Syafi'i Ma'arif Cahaya Cahaya Nabi Muhammad Cahaya Nabi Muhammad saw Cahaya Tuhan cak nun CARA MENDIDIK ANAK ala AMIRUL MUKMININ ALI BIN ABI THALIB (S.A) cerita cerita sufi Chat Cinta Cinta Anugerah Terindah Cinta kepada Husein Cinta kepada Nabi SAW Cinta Kepada Keluarga Nabi Muhammad SAW Cinta Menyatu dalam taat kepadaNya Cinta Rasulullah SAW Kepada Empat Sahabat Radhiyallahu'anhum Copernicus corak filsafat Syiah Dan Sinterklas Turut Melakukan Aksi Intifadah Bela Palestina Daras Akidah Daras Akidah MIsbah Yazdi Definisi Roti Deklarasi Bersama Pulangkan Pengungsi Sampang Delapan jalan menghapus dosa Demonstrasi di Yaman Dialog Newton Diam diskriminasi Do’a Doa Adilah Doa Adilah adalah salah satu doa yang dianjurkan dan diajarkan untuk mencegah kita kehilangan iman saat ajal menjemput nanti. Doa Ahad (Janji Setia) Doa Hari Jum’at Doa Jausyan Kabir Doa Keamanan Doa Kumayl/Hazrat Haidr as doa perpisahan ramdhan doa ramdhan Doa Tawassul Nabi dan Ahlulbaitnya yang suci Doktrin Dosa dua belas imam dunia islam Dunia Islam dzulhijah Editorial Empat Hal Yang Mematikan Hati Enam Hal Yang Dapat Menghapus Amal Kebaikan enggan Epistemologi Agama Eskalasi Intoleransi Takfiri di Yogyakarta etika Ramadhan Face Off "Palestine" Fajar 5 Simbol Persatuan Sunni-Syiah FAKTA FATIMAH Faktor Faktor Pemicu Perpecahan falasi Falsafah Kebangkitan Imam Husain Fana Fana dalam dunia Irfan fathimah Fathimah as tentang Keagungan Al-Qur'an fathul bari Fatimah 'alaihassalam FATIMAH AZ- ZAHRA: IBU dari AYAHNYA dan PENGHULU SELURUH WANITA fatwa Fatwa Fatwa Sesat yang mensesatkan fatwa imam Khamenei Fatwa Marja' Fatwa Sayid Khamenei Larangan Mencaci Sahabat dan Simbol-Simbol Ahlussunnah Fenomena Alam fikih fikih ibadah Filosofi Filsafat Filsafat Iluminasionis Filsafat Islam filsafat Kant Filsafat Nahwu fiqh Fiqh Ibadah fiqih Syiah Fiqih syiah najis Firaun Fisafat Fitnah Syiah fuqoha gagal memahami syiah gaib Galileo Gallery Gerakan Politik-Sosial Imam Khomeini Gereja Ghadir Ghadir Khum golden ways Grand Syaikh Al Azhar : Fatwa Larangan Pembunuhan Muslim Syiah Meredam Konflik Sektarian gubernur gubernur mesir Guru hadis hadis ahlulbait hadis syiah Hadist Hadist Rosululloh Hadist Tsaqalain hadits Hadits hadits 12 khalifah. khulafa ar Rosyidin hadits ahlulbait hadits nabi haji Haji Langganan Hajj (The Pilgrimage): Menghampiri Allah Swt hak hak asasi manusia HAK IBU DAN HARI IBU hak sahabat hak teman HAKEKAT NISFU SYA'BAN Hakekat Puasa Menurut Perspektif Al-Quran Hakikat Dzikir Hakikat Syafaat dan Tawassul Menurut Al-Quran hakim Hakim Cium Tangan Terdakwa Halilintar HAM hamba Harapan Hari Internasional al-Quds di Semarang diikuti oleh ribuan orang yang cinta kemerdekaan dan perdamaian hari kemenangan Hari Raya Orang Berpuasa Harmoni Sunnah-Syiah di Irak Harmoni Titik-Temu Sunni/NU dan Syiah harmonis hasan al banna HASAN AL BANNA DAN PROGRAM PENDEKATAN SUNNI-SYIAH hasan al bashri Hasan al-Mujtaba Hati hawa nafsu hawa nafsu dalam al quran hadits hawa nafsu menurut syiah Hedonis Penyakit Kehidupan Hermeneutika hikmah hikmah imam Ali as Himah Hisbulloh Houthi hubungan hubungan antara agama dan akhlak hudud hukum hukum Islam hukum Qiyas hukum Tuhan Hume humor husain husain fadhlullah HUT RI ibadah wanita ibnu hajar ibu Ibu Kaum Mukminin dan Keutamaan Wanita Muslim Pertama Ideologi Syi'ah Idul Qurban dan Penyembelihan ihtiyath ijtihad ikhtilaf ilahi Ilmu Ilmu Agama Ilmu Firoq Image imam imam 12 imam ali Imam Ali Adalah Rahmat Imam Ali Al Ridho as Imam Ali ar-Ridha imam ali bin abi thalib Imam Ali dan Dua Orang Yahudi Imam ALi dan Filsafat Nahwu imam ali khamenei Imam Ali Zainal Abidin Imam Ali Zainal Abidin as Imam As-Shadiq Imam Asajad Imam Hasan Imam Hasan al mujtaba Imam Hasan dalam literatur Syiah Imam Hasan menurut Syiah Imam Husain IMAM HUSAIN PRIBADI DIDIKAN RASULULLAH SAW. Imam Husain Tragedi Karbala Imam Husein imam ja'far shadiq Imam Ja'far Shadiq dalam Mengurai Penyimpangan Imam Jafar Imam Jafar Asshadiq as imam Jafar shadiq as Imam Jafar Sodiq Imam Jawad imam khomeini Imam Khomeini Membangkitkan Kesadaran Umat Imam Khumaini Imam Mahdi Imam maksumin Imam Musa Al Kazhim as Imam Musa Kazhim as Imam Musa Kazim Imam Sajjad Imam Syiah imam syiah. imam ahlulbayt as IMAM ZAMAN as imamah Imamah amp; Wilayah imamah dan khilafah Imamah Imam Ali Imamah menurut syiah Iman iman dan amal. korelasi iman dan amal individu Indonesia indonesia merdeka Info Syi’ah Info Syiah Instropeksi Diri Internasional Iran Iran-kah Bangsa Yang Dijanjikan Dalam Surat Muhammad? Iranphobia dan Syiahphobia Irfan Irfan amp; Tasawuf Irfan dan Akhlak Irfan dan Filsafat Irfan Praktis Irfan Teoritis ISIS Berencana Teror Iran ISIS Perusak Citra Islam Muhammadi (Saw) iskandariah Islam islam damai Islam dan Keindonesiaan islam nusantara Islamisme Islamphobia israel istibra ISTIKHARAH DENGAN TASBIH Jabatan itu tidak lebih berarti dari sepatuku Jabir ibn Abdullah Al-Anshari Jadilah Orang Baik jagalah persatuan umat Jalaludin Rahmat Jalaludin Rumi Jangan Ada Ruang di Indonesia untuk Terorisme Jangan berpangku tangan Jawa Jejak-jejak Imam Ali pada Bendera Macan Ali Cirebon Jokowi Jokowi: Gus Dur tak rela konstitusi diremehkan judul Jurnalis Juru Selamat Kalau Di Jawa Ada Wali Songo Di Bali Punya Wali Pitu Kamu adalah Kebiasaanmu Kanjeng Nabi SAW Karbala KATA DAN UJARAN KATA-KATA YANG MEMBUAT ABU THALIB MANTAP keadilan kebahagiaan Kebangkitan Imam Husain keberkahan bulan ramadhan Kebhinekaaan Kedatangan Imam Mahdi as Kedudukan Bersikap Jujur Dalam Hidup kedudukan perempuan Kefakiran dan Kebakhilan kegagalan memahami syiah Keharmonisan Sunni-Syiah di Masjid Yardyam Rusia Kehendak Bebas Dan Takdir kehidupan Kehidupan Ali ibn Abi Thalib Keilmuan Islam Kejahilan yang paling besar kelahiran keledai Keluarga Nabi KELUH KESAH KAWAN (1) KELUH KESAH KAWAN (2) Kemaksuman Nabi dalam Perspektif Al-Quran Kemaksuman Nabi Muhammad SAW Kemaksuman Para Nabi Menurut Syiah Kembali Kepada Keaslian Jatidiri Manusia Kemenag Gelar Dialog Lintas Guru Agama Untuk Tingkatkan Toleransi Kemenangan Sudah Dekat kemiskinan Kenabian Kenapa Selalu Berpecah-belah? Kepeloporan Syiah di bidang Ilmu Kalam Kepemimpinan Dan Imam Maksum Kepler kerajaan aceh kerjasama Kesatria Karbala Ali akbar kesetaraan Kesucian ketenagakerjaan Keteraturan Keteraturan Fenomena Semesta Ketika Anak Melawan Kita Ketika Binatang-Binatang Berhaji Ketuhanan keutamaan bulan Keutamaan Hari dan Bulan Sya'ban khalifah khilafah khomeini Khotbah 1 Khurasan khutbah Imam Ali as Kilas Balik Murtadha Muthahhari kisah kisah bijak kisah hikmah Kisah Romantis Keluarga Kenabian Kisah sakitnya Rasul sebelum Wafat Kisah sebuah cincin Mulia Kita atau Imam Zaman yang Ghaib? Kita Beragam kitab kitab syiah Koalisi Saudi-Zionis Gagal Tenggelamkan Isu Quds dan Palestina Konsep Ketuhanan Konsep Ketuhanan Dalam Filsafat Konsultan Nikah Saudi bolehkan suami pukuli istri secara Islami Korban Crane kristen Kritik Israel Kumail kurr Lagu Kebangsaan Lahirnya Sang Putera Ka'bah lailatul qadar menurut syiah lailatul qadr Larangan Menolak Peminta Lau Kana Bainana Al-Habib Law Kana Bainana Lentera Ilahi lidah Link logika Lord of The Ring luqman luqman hakim Ma'arif Ma’rifah madzhab Ja'fari makna haji Makna Kesyahidan Makna Syahadah Makrifatullah malaki tabrizi malam di malam lailatul qadar malik asytar mantan Walikota London diskors manusia manusia dan alam semesta Masa Dhuhur Masa IMAM ZAMAN as masalah masehi masuknya islam masyarakat Matahari mazhab Melatih Diri Melatih Diri untuk Hidup Melihat Allah Melihat Tuhan Memohon Taufik Mempelajari Ilmu Agama Menahan Tangisan Si Miskin Menakar Kualitas Sang Mufti Ketika Murka Mencegah Predator Anak Menembus ruang dan waktu bersama Jibril Mengapa Asyura Diperingati Tiap tahun Mengapa Menangis Atas al Husain mengenal hawa nafsu Mengenang dan Berbahagia Menggalang Persatuan Seperti yang diajarkan Kanjeng Nabi SAW Menghadapi Kemarahan Dengan Santun Menghampiri Allah Swt menjadi manusia haji Menjadi Musafir Yang berhasil Menjaga Amalan MENJAGA HATI amp; LIDAH menjawab fitnah menjawab tuduhan menolak buku panduan MUI Menolak syiah Menyangkal Filsafat Hampa Merdeka mesiah Milad Fatimah Az Zahra as Mimpi yang Terbeli Motivasi Qurani Mozaik muamalah mudhaf Muhammad Muhammad saw Muhasabah diri Muhsin Labib MUI MUI dan Syiah MUI dan Tugas Mempersatukan Umat mujtahid mukallid Mukjizat Nabi Mukmin Adalah Sekufu Bagi Mukmin Munajat/Doa Murid murtadha muthahhari muslimah muthahhari muthlaq Mutiara Ahlulbait Mutiara Hikmah mutiara imam Ali as MY MOTHER IS THE MIRROR OF MY LIFE MY MOTHER IS THE MIRROR OF MY LIFE (2) Nabi Nabi Muhammad nahjul balaghah najasah Najh al-Balaghah nakhai nama Allah Nasab Imam Ali Nasehat Imam Khomeini (qs) untuk Seorang Muslim nashiruddin Nasional Nasionalisme Nasruddin Natal Dan Teologi Cinta Neo Teologi Nikah Mut`ah Nilai dan Kadar Manusia NKRI Harga Mati nominalisme NU Meminta Jokowi Bubarkan Ormas Keagamaan Anti Pancasila Nur Muhamad Nur Muhammad Nusantara Opini Orang tua dan orang hitam tidak akan masuk surga Orang yang berilmu dengan orang yang beriman sangat berbeda Orang Yang Sombong ORATOR ZALIM Orde Baru ormas ahlulbait indonesia Ormas Anti Pancasila Harus dibubarkan Pahala Memaafkan pajak pancasila Pancasila Jaya Pandangan Imam Ali as Tentang Kebodohan Pandangan Ulama dan Sejarahwan Tentang Imam Ali Zainal Abidin as Panjang Umur Para Sahabat PBNU pejabat Pelajaran Dari Yang Telah Berlalu pembalasan Pembantaian Imam Husain PEMBENCI DAN KEBENCIAN pembicara Pembuktian Wajibul Wujud Pemicu pemikiran Pemikiran dan Kepribadian Imam Khomeini Bagi Dunia pemimpin islam Pemimpin Non Muslim penalaran Pencipta Pencipta Lagu pendekatan sunni syiah pendengar Pengakuan Mahasiswa Asal Myanmar Tentang Syiah Pengangkatan Yazid Pengaruh Buruk Malas dan Solusinya pengertian pengetahuan Pengetahuan memberikan manusia wawasan dan kesadaran Pengetahuan menurut Imam Ali as Pengetahuan Umum Penghalang Kehadiran Hati Ketika Shalat Penghancuran Situs Kuno: dari Suriah hingga Yogya Penghormatan Imam Ali as Kepada Para Tamu Pengorbanan Imam Ali bin Abi Thalib as untuk Tamu penguasa islam Pengungsi Sampang Penolakan Ulama Islam Terhadap Gerakan Takfiri Pentingnya Sejarah PERANG MELAWAN KEBODOHAN Perbedaan Tidak Harus Diseragamkan perempuan perempuan muslimah Peringatan Wiladah Al-Mahdi Afs Peristiwa Karbala Permainan Politik di Balik Dukungan Wahabi Salafi Takfiri pernikahan Pernyataan Perpecahan persahabatan sunni-syiah Persatuan persatuan islam Persatuan Islam dalam Perspektif Imam Ja'far as Persatuan Syiah-Sunni persaudaraan sunni-syiah persaudaraan umat Persefektif Al-Quran Perspektif Perspektif Imam Jafar Shadiq as tentang Sumber Pengetahuan Perspektif Jendral Gatot tentang Persatuan dan Pertahanan Indonesia Perspektif/Opini Pertolongan Allah Pesan Pesan Asyuro Sayidah Zainab Pesan Asyuro Sayidah Zainab as Pesan Asyuro Sayidah Zainab Singa Bani Hasyim Pesan dan Nasehat untuk MUI Pesan Haji Ayatollah Sayyid Ali Khamenei 2016 Ini Hadirkan Tetesan Airmata Pesan Haji Oleh Ayatollah Sayyid Ali Khamenei 2016 Ini Hadirkan Tetesan Airmata Pesan Haji Rahbar 2017 pesan imam ali Pesan Majma Jahani Ahlul Bait PESAN NATAL AYATULLAH KHAMENEI pesan persahabatan Pesan Rahbar Pesan Syahid Mohsen Phobia Terhadap Syiah? Itulah Desain Kepentingan Barat Pilkada Piramida Planet Planet Matahari plato Pokoknya kambing walaupun bisa terbang praktis Presiden Presiden Perintahkan Aparat Cegah Aksi Teror Saat Natal pria dan wanita Primordialisme Prinsip Kemahdian Dalam Al-Qur'an Profil Ahlulbait proklamasi Puasa puasa batin puasa lahir puasa ramadhan puisi Puteri kesayangan Nabi Putin Qiyas menurut Syiah Qosim sulaemani Quds Day Dalam Pandangan Imam Khomeini ra Quds Day in Semarang Quote Qur'an quraish Shihab RACHEL CORRIE CUKUPLAH MENGENALIKU Rahasia Bulan Rahasia Halilintar Rahasia Matahari rahbar Raja Saudi ramadhan ramadhan dalam hadits rasulullah dan ahlulbait Rasulullah SAW Simbol Persatuan realitas Rektor IAIN: Banyak Titik Temu Sunni (NU) dan Syiah Rencana Allah Pasti Indah Rene Descartes renungan renungan akhir ramadhan Renungan Tengah Malam retorika Revolusi revolusi iran Revolusi Mental amp; Aku (Bukan) Siapa risalah Rizqi Romawi Rosululloh Ruh Saat Tidur Rukyatullah rumah tangga RUMAH TANGGA YANG SEHAT PONDASI KOKOH SEBUAH NEGARA Rusia Komitmen Dukungan Kepada Negara-Negara Islam sahabat Sahabat Nabi Sahabat Nabi SAW sains Salah Memahami Hukum salman Sambut Tahun Baru Rahbar Menyampaikan Pesan Khusus untuk Rakyat Iran Sampah Sampah Hati Samudera Hindia Masa Depan Ekonomi Dunia Sastra Sastra Barat Sastra Islam satu tuhan Saudi Saydah Fatimah Sayid Hasan Alaydrus Sayidah Fatimah sayyid Ali Khamenei Sayyid Hasan Khomeini Sayyidina Hasan Sebaik-baik manusia Sedekah seimbang sejarah sejarah islam Sejarah Perkembangan Syiah di Indonesia sejarah syi'ah Seluruh manusia tertidur pulas. Ketika ajal tiba mereka baru sadar Semua Tentang Ali Karamallahu Wajhah seni Senjata Musuh Masa Kini Seorang penjual keripik singkong Seri Tanya Jawab Irfan Serial Karbala Seruan Kanjeng Nabi SAW sesat Setan setan tidak disiksa api neraka Setelah Kunjungan Raja Saudi: Melawan Ekstremisme? shahifah Mahdiyyah shalat shalat sufi Siah Nusantara Siapa "Habib" itu? Siapa dari kita yang paling banyak memakan kurma? siapakah ahlulbait nabi Sifat Af'aliyah SIfat Allah Sifat Dzatiyah Simbol Keagungan Spiritualitas Simbol Kesabaran Ahli Bait as Simbol Persatuan Dunia Islam Sirah Sirah Ahlulbait as skeptisisme skolastik socrates soekarno Sofis sosial studi skolastik Sumber-sumber Pendanaan ISIS Sunan Kali Jaga sunni sunni syiah Sunni-Syiah di Nusantara Sup Panas surat surat imam ali surat malik asytar Surat Muhammad syafaat Ahlulbait as Syafaat dan Optimisme Syafaat Nabi syahadah Syahid Murtadha Muthahhari Syaikh Al Azhar syarat. syarif radhi Syed Ahmad Baragbah tentang Ahlulbait dalam Hadits Nabi Syed Ahmad Baragbah tentang Syiah Dan Salah Faham Terhadapnya Syed Ahmad Baragbah tentang Taqiyah Menurut Islam Syiah syiah aceh Syiah adalah madzhab Islam Syiah adalah muslim syiah ali syiah antara iran dan indonesia Syiah dalam Lisan Rasulullah Saw Syiah Houthi syiah imamiyah Syiah Indonesia Syiah Islam Syiah Isna Asyariyyah Syiah Menjawab Syiah menjawab Tasawuf Syiah menurut Syiah syiah nusantara syiah saudi Syiah Sesat Syiah takwa Syiah Tidak Sesat Syiahisasi syiahnusantara Syiria syukur ta'abbudi Tabayun tabayun Syiah TABIAT MENGKAFIRKAN tabiin Tafaqquh Fiddin Tafsir Tafsir al-Quran tafsir birrul walidaen Tafsir Cemerlang tentang Islam Nusantara Tafsir Hikmah Tafsir Maudhu'i Tafsir Mudah Tafsir Surah al-Falaq Tafsir Surat AN-Nas tafsir syiah Tafsir Tematik Tahajud Menurut Ajaran Ahlul Bait As Takdir dan Logika Takfiri Takfirisme takhalli taklid TAKWA takwa bulan ramadhan takwini tamar Tangisan Pemimpin Iran Atas Tragedi Mina Tanya Jawab Tanya Jawab Irfan Tanya Jawab Isyu Fitnah terhadap Syiah Dengan Ahlinya Tanya Jawab Tasawuf Taqi Misbah Yazdi taqiyah Taqiyah Identik dengan Kemunafikan? taqiyyah Tasawuf Tasawuf dan Irfan Tasawuf Praktis Tasawuf Teoritis Tasbih Semesta Tashawuf Tasyri Tauhid Tauhid Dzat TAUHID PADA WUJUD MANUSIA Tauhid Semesta Tauhid Sifat Tawadhuk Kepada Manusia tawassul Tawassul 14 Manusia Suci tembang jawa Tentang Kejujuran Tentang Orang Arif Tentang Usia teologi teologi syiah teoritis terjadi Terjemah Al-Qur'an TERLAMPAU BERSUKACITA Ternyata Penemu Musik Adalah Orang Islam teror Thaharah Thomas Hobbes Tokoh Tragedi Karbala tragedi pembantaian keluarga nabi Tribute to International Quds Day 2012 Tuhan tuhan yang ghaib Tujuan Karbala Tukang cukur Tukang cukur dan Keberadaan Tuhan TV Indosiar Merevisi Fitnah Tentang "Syiah Wukuf di Karbala" Ubay ibn Ka’ab udul Ufuk ukhuwah ukhuwah Islam ukhuwah Sunni Syiah ulama Ulama Sunni Ulama Syiah Ulama Tafsir ulil amri Ulumul Qur'an Ummul Mu`minin Aisyah Berkisah Tentang Kemuliaan Sayyidah Fatimah as undang-undang undang-undang ketenagakerjaan uqala'i Urgensi Ukhuwah Islamiyah amp; Ukhuwah Wathoniyah Ushul Fikih Ustadz Muhsin Labib: Kilas Balik Murtadha Muthahhari Ustadz Taufiq Ali Yahya tentang Tawassul Uswah Video Videos Wafat Wajibul Wujud wali wali faqih Wali Sanga Wani Ngalah Luhur Wekasane wanita wanita muslim wanita muslimah wanita pilihan Warga Syiah Tolak Ubah Keyakinan Wartawan Koran Independent 'Shock' Berkisah Liputannya Tentang Long March Arbain Wasiat Imam Ali Kepada Umat Islam Wasiat Imam Jafar Shadiq Wawancara Wawasan Keislaman Wayang Kulit Wiladah "Sang Penunggang Terbaik" Wilaya'iyah Fakih wilayah Wirid As Sakran wudhu Yaman Yang paling menakjubkan Yazid berkuasa Yazid Naik Tahta Yesus dalam pandangan Imam Ali Bin Abi Thalib as yunani Zainab Cucu Rasulullah SAW Ziarah Kubur zulfikar
false
ltr
item
syiahnusantara.com: Syiah antara Iran dan Indonesia
Syiah antara Iran dan Indonesia
syiahnusantara.com
https://www.syiahnusantara.com/2016/04/syiah-antara-iran-dan-indonesia.html
https://www.syiahnusantara.com/
http://www.syiahnusantara.com/
http://www.syiahnusantara.com/2016/04/syiah-antara-iran-dan-indonesia.html
true
1073726697356742094
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy